FACEBOOK MEMILIKI KOIN DIGITAL BERNAMA LIBRA

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook pada akhirnya menginformasikan koin digital atau (cryptocurrency) yang telah dikembangkannya satu tahun paling akhir. Cryptocurrency itu akan dinamakan Libra serta dikeluarkan semester I-2020.

 

FACEBOOK MEMILIKI KOIN DIGITAL BERNAMA LIBRA


Sederhananya, Libra bisa menjadi token digital yang dipakai untuk transfer uang di dunia maya serta belanja di merchant relasi Facebook. Untuk memperoleh serta memakai token untuk belanja, pemakai harus beli token di bursa penukaran cryptocurrency serta menyimpannya dalam suatu dompet digital.


Baca Juga: Informasi dan Layanan Jasa


Dompet digital ini ditingkatkan oleh Facebook dengan nama Calibra. Dompet digital ini akan dihubungkan dengan WhatsApp serta FB Messenger. Calibra bisa menjadi aplikasi mandiri untuk hp Android serta iOS.


Libra mempunyai persamaan dengan Bitcoin sebab saling berbasiskan blockchain. Tetapi, Libra mempunyai segudang ketidaksamaan dengan Bitcoin.


Jika Bitcoin bebas tersebar di pasar serta tanpa ada pengelola, karena itu Libra atur serta dikontrol oleh instansi nirlaba bernama Libra Association. Instansi ini berkantor di Jenewa, Swiss, serta mempunyai 28 anggota terhitung Facebook, PayPal, Uber, Mastercard sampai Visa.

Menjadi anggota Libra Association, calon anggota harus menyetorkan dana sebesar US$10 juta. Libra ini akan berperan seperti satu bank sentra. Menurut White Paper yang diterbitkan, sebelum diedarkan semester I-2020, keanggotaannya direncanakan jadi 100 entitas.

Baca Juga : Cara Daftar dan Hasilkan Bitcoin Gratis


Nilai ganti Bitcoin benar-benar fluktuatif sebab proses harga diberikan pada pasar. Harga koin Libra semakin lebih konstan sebab nilai tukarnya dihubungkan dengan mata uang s ah seperti dolar Amerika Serikat (AS), euro, serta yen. Misalnya, US$1 sama juga dengan Rp 14.300 karena itu 1 koin Libra akan sama dengan Rp 14.300.


Bitcoin tidak mempunyai asset basic yang menjaminnya, Libra punyai. Asset basic Libra terhitung deposito bank serta surat bernilai periode pendek serta digenggam oleh network of custodian yang dikontrol Libra Association. Terdapatnya asset basic ini untuk memperoleh keyakinan dari pemakai sebab Libra tidak dapat dipakai untuk pertaruhan seperti di Bitcoin.

Dari bagian privacy serta keamanan, Bitcoin dapat ditransaksikan dengan anonim sedang Libra tidak dapat. Masalahnya transaksi harus memakai Calibra serta pemakai harus lewat proses "know your konsumen". Proses ini adalah proses mengonfirmasi jati diri pemakai untuk menahan kejahatan di bidang keuangan.

Itu bermakna siapa juga yang mendaftarkan harus mendaftar ID sah yang dikeluarkan pemerintah serta info pribadi yang lain.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama